6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sistem Panel Surya (SPS)

BAGIKAN

Sistem Panel Surya (SPS) mengonversi energi cahaya matahari ke energi listrik. Anda dapat menggunakan energi yang dihasilkan oleh SPS tersebut untuk kebutuhan listrik rumah Anda.

Berikut 6 hal yang Anda (dan semua orang) perlu ketahui tentang energi surya dan SPS:

1. Sistem panel surya mengurangi tagihan listrik Anda

Sistem panel surya dapat memenuhi sebagian kebutuhan energi listrik sehingga anda akan merasakan langsung dampak penghematan tagihan listrik. Bahkan, dengan desain yang tepat dan akurat, sistem panel surya dapat menutupi semua biaya tagihan listrik anda (hanya perlu membayar abodemen PLN)

2. Sistem panel surya merupakan investasi yang bagus

Berinvestasi dengan memasang sistem panel surya akan melindungi anda dari kenaikan harga listrik yang akan terus terjadi, dengan cara menghasilkan energi listrik anda sendiri

3. Sistem panel surya sangat awet dan free-maintenance

Modul panel surya terbuat dari bahan berkualitas yang dapat menahan terpaan cuaca. Pada kasus tertentu, panel surya yang dipasang di atap justru mampu meningkatkan umur dari atap rumah Anda. Sebuah sistem panel surya juga minim perawatan, kecuali untuk situasi ekstrim tertentu, panel surya tidak perlu banyak dibersihkan

4. Sistem panel surya dapat menghasilkan energi listrik hingga 25 tahun

Kebanyakan manufaktur modul panel surya memberikan garansi produk sampai dengan 25 tahun. Artinya, sistem panel surya anda akan terus bisa menghasilkan energi listrik selama masa garansi tersebut.

5. Sistem panel surya dapat dipasang hampir dimana saja di Indonesia

Secara praktis, sistem panel surya dapat dipasang dimanapun selama lokasi tersebut terpapar cahaya matahari secara langsung dan tidak dihalangi/tertutup oleh pepohonan atau bangunan. Hampir semua tempat di Indonesia mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup untuk menghasilkan energi listrik melalui panel surya.

 6. Sistem panel surya bisa tersambung ke jaringan listrik PLN tanpa memerlukan baterai untuk penyimpanan energi

Ketika Anda memasang sistem panel surya, rumah Anda tetap akan terhubung ke jaringan PLN. Pada saat sistem panel surya menghasilkan energi listrik yang lebih besar daripada energi yang dibutuhkan, kelebihan energi listrik tersebut akan dikirim ke jaringan PLN. Ketika Anda membutuhkan energi listrik yang lebih besar daripada energi listrik yang dihasilkan sistem panel surya, Anda dapat menggunakan energi listrik dari jaringan PLN.


BAGIKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *