Mengapa Harus Energi Surya?

BAGIKAN

Anda pemilik rumah maupun gedung perkantoran? Seorang yang menjalankan kegiatan industri, komersil ataupun sarana umum?

Anda seorang pelanggan listrik atau merupakan vendor, kontraktor, atau distributor sarana pemenuh kebutuhan listrik? Anda seorang yang bekerja di sektor pemerintahan, sektor swasta, atau seorang investor serta dari sektor institusi keuangan?

Siapapun itu, anda berhak untuk mengetahui manfaat dari energi surya. Sebuah alasan dibalik kenapa semua orang harus memanfaatkan energi surya dan memasang sistem panel surya (SPS).

Salah satu manfaat yang dapat anda rasakan secara langsung adalah penghematan tagihan listrik. Ketika anda menggunakan SPS, tidak peduli seberapa kecil pemasangan kapasitasnya, anda akan membayar tagihan listrik yang lebih sedikit sejak hari pertama pemakaian.

Seberapa besar penghematan dapat dilakukan?

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut, namun berikut beberapa hal yang bisa didiskusikan:

  1. Sistem Panel Surya (SPS) merupakan sebuah teknologi modular yang terdiri dari beberapa modul panel surya. Artinya, anda dapat menambah panel yang digunakan sedikit atau sebanyak apapun (tergantung kebutuhan listrik dan ketersediaan tempat). Untuk setiap modul yang terpasang, sederhananya anda akan mendapatkan lebih banyak energi dari matahari, mengurangi kebergantungan terhadap jaringan listrik setempat (PLN) dan menghemat tagihan listrik karena energi listrik yang dibeli dari PLN akan menjadi lebih sedikit. Bahkan, anda bisa benar-benar menjadi seorang yang energy independent ketika kebutuhan energi listrik anda dapat dipenuhi seluruhnya oleh SPS yang anda pasang.
  1. Tarif listrik merupakan sesuatu yang tidak bisa anda kendalikan. Harga listrik, berdasarkan tren historisnya, selalu terjadi inflasi yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu hal yang menarik untuk digaris bawahi adalah bahwa harga listrik di Indonesia ditentukan oleh pemerintah dan DPR, kesepakatan antar badan yang berwenang dimana tidak ada mekanisme berdasarkan hukum permintaan dan penawaran. Pada akhirnya, tarif listrik dapat naik kapanpun, lalu apa yang bisa anda lakukan? Apapun yang terjadi, anda tetap membutuhkan energi listrik bukan? Ketika anda beralih ke enrgi surya dan memasang SPS, artinya anda telah menginvestasikan masa depan anda (untuk yang lebih baik) dengan sebuah asset yang akan memberikan energi listrik yang dibutuhkan dengan harga yang tidak berubah. Lagipula, matahari tidak akan pernah meminta anda untuk membayar lebih untuk energi yang diberikannya secara cuma-cuma ke bumi, bukan?

Panel Surya sebagai Investasi

Dalam satu segi tertentu, berdasarkan pembahasan sebelumya dapat dikatakan bahwa SPS  sebenarnya merupakan sebuah produk finansial, yang dalam hal ini mampu menghasilkan annual return dengan jangka waktu balik modal dalam beberapa tahun.

Namun, perlu diketahui bahwa berinvestasi dengan memasang SPS agak sedikit berbeda dari investasi pada umumnya. Annual return yang akan anda peroleh bukan merupakan sebuah pendapatan, namun dalam bentuk sebuah penghematan.

Sebagian besar orang masih sangat skeptik dengan investasi SPS, mulai dari permasalahan capital cost yang tinggi, seberapa besar ROI (return on investment) yang diperoleh dan jangka waktu payback dari investasi mereka. Belum lagi melihat orang-orang yang memfokuskan pemasangan SPS untuk “menjual” listrik. Hal-hal inilah yang menyebabkan banyak orang sangat “hitung-hitungan” untuk melakukan pemasangan. Mereka hanya melihat investasi SPS dari segi investasi konvensional dimana praktik bisnis ini memang benar adanya. Tentunya, mindset seperti ini tidak sepenuhnya berdampak negatif, hanya saja ketika anda adalah seorang pelanggan listrik yang sebenarnya membutuhkan energi listrik, framing “menjual” listrik sangatlah tidak sesuai untuk menjadi alasan mengapa anda harus memasang SPS.

Perlu ditekankan, salah satu tujuan utama dari melakukan pemasangan sebenarnya bukanlah untuk “menjual” listrik dan menghitung ROI-nya, namun untuk memegang kendali terhadap biaya energi listrik anda. Lagipula, anda juga tidak pernah menghitung ROI untuk “investasi” yang anda lakukan untuk kebutuhan pangan, sandang dan papan, bukan? Untuk rumah ataupun kendaraan yang anda beli? Investasi tersebut dilakukan guna memegang kendali pemenuhan kebutuhan primer anda.

Pegang Kendali Kebutuhan Listrik Anda

Dengan semakin berkembangnya zaman, tampaknya energi listrik telah menjadi sebuah kebutuhan primer juga dalam kehidupan manusia. Sama seperti kebutuhan dasar lainnya, terdapat 2 cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi suatu kebutuhan: dipenuhi oleh pihak lain atau/dan independent, artinya diperoleh/disediakan oleh anda sendiri.

Untuk sekian lama, pelanggan listrik di Indonesia hanya mempunyai satu cara untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka, yaitu mengandalkan pihak lain (dalam hal ini PLN) untuk menyuplai energi listrik yang mereka butuhkan. Kemudian yang hanya perlu dilakukan selanjutnya adalah membayar tagihan listrik sesuai dengan tarif listrik dan konsumsi energi listrik pelanggan tersebut.

Konsumsi energi listrik merupakan sesuatu yang dapat dikendalikan oleh pelanggan. Jika mereka mempunyai kesadaran akan pemborosan energi dan melakukan kegiatan efisiensi energi, konsumsi energi listrik dapat dimanfaatkan secara optimum tanpa harus membayar lebih untuk tagihan listrik. Namun, satu hal penting yang harus diketahui adalah pelanggan listrik tidak mempunyai kendali sama sekali terhadap tarif listrik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akibat monopoli suplai listrik, tidak ada skema market untuk menentukan tarif listrik. Belum lagi melihat subsidi energi yang masih diberlakukan oleh pemerintah untuk “membantu” harga listrik agar tetap “terjangkau”. Prediksi naiknya tarif listrik yang mengakibatkan para pelanggan listrik harus membayar lebih untuk tagihan listrik bukanlah sesuatu yang kontroversial.

Pada akhirnya, siapa yang ingin membayar lebih untuk tagihan listrik mereka? Seberapa sering terjadi kenaikan tarif listrik? Kenapa anda harus membayar listrik ketika anda mampu menghasilkan listrik sendiri untuk memenuhi kebutuhan anda?

Teknologi energi surya, dalam hal ini Sistem Panel Surya merupakan cara alternative yang sedikit berbeda dari cara konvensional (baca: membeli energi listrik) dalam memenuhi kebutuhan listrik anda. Setelah sekian lama hanya bisa bergantung kepada satu pihak untuk memenuhi kebutuhan listrik, akhirnya para pelanggan listrik setidaknya bisa merasakan sebuah “pilihan”. Sebuah pilihan yang memerdekakan pelanggan untuk mulai bisa menghasilkan energi listrik sendiri dan menjadi lebih energy independent dari sebelumnya.

Jadi, sudahkan Anda siap untuk memegang kendali biaya energi listrik anda sendiri?

Beralih ke energi surya sekarang dengan cara memasang Sistem Panel Surya (SPS).

Pegang kendali biaya energi listrik anda dengan cara beralih ke energi surya.

Bandingkan beberapa pilihan SPS untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Mendapatkan penawaran yang terbaik merupakan kunci untuk memaksimalkan keuntungan yang akan anda peroleh ketika beralih ke energi surya. Cara terbaik untuk menemukan kombinasi yang tepat untuk kualitas dan harga dari kebutuhan SPS anda adalah dengan membandingkan penawaran dari beberapa penyedia SPS. Dengan mendaftar di EnergiHub, anda bisa mendapatkan berbagai penawaran dari beberapa penyedia SPS lokal di Indonesia.


BAGIKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *