Tipe – Tipe Sistem Panel Surya

BAGIKAN

Sebelum memasang sistem panel surya (SPS), tentunya anda harus mengetahui manfaat dari sistem panel surya. Selain itu, anda perlu mempertimbangkan berbagai aspek sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang diharapkan. Berdasarkan kategorinya, tipe sistem panel surya dibagi menjadi tiga jenis yaitu sistem On-Grid, Hybrid dan Off-Grid.

Sistem Panel Surya (SPS) terdiri dari mounting struktur untuk meletakkan modul panel surya di atap-atap rumah. Sebuah inverter akan mengonversi energi listrik DC (direct current) ke energi listirk AC (alternating current).  Konversi energi listrik akan sesuai/compatible dengan jaringan listrik PLN serta peralatan listrik yang digunakan pada rumah-rumah. Selanjutnya, energi listrik yang dihasilkan oleh SPS bisa digunakan untuk kebutuhan listrik rumah anda ataupun dikirim ke jaringan listrik PLN.

Sumber : onestepoffthegrid.com.au

Grid-Connected Solar PV system/ On-Grid

Sistem grid-connected/ sistem On-Grid merupakan tipe sistem panel surya yang paling umum ditemukan. Terutama di daerah perkotaan yang sudah dialiri listrik dari jaringan PLN.

Semua rumah yang menggunakan tipe sistem panel surya On-Grid akan memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan oleh SPS secara langsung ketika terdapat sinar matahari yang cukup sebelum menggunakan energi listrik dari jaringan PLN. Namun, ketika malam hari dimana SPS yang anda pasang di rumah tidak menghasilkan energi listrik, kebutuhan energi listrik akan disuplai dari jaringan PLN.

Grid-Connected with Battery Back-up Solar PV systems/ Hybrid

Selain dikirim ke jaringan listrik PLN, energi listik yang dihasilkan oleh tipe sistem panel surya On-Grid juga bisa disimpan di sistem back-up, yang dalam hal ini berupa baterai. Sistem Hybrid merupakan integrasi sistem On-Grid dan sistem back-up. Artinya, pengguna SPS bisa menyimpan energi listrik yang dihasilkan pada siang hari ke baterai. Kemudian, energi listrik yang disimpan dapat digunakan pada malam hari. Selain itu, dikarenakan terdapat sistem back-up berupa baterai, SPS akan tetap bisa menyuplai kebutuhan listrik anda walaupun jaringan listirk PLN padam.

Stand-Alone Solar PV Systems/ Off-Grid

Tipe sistem panel surya Off-Grid tidak terhubung ke jaringan listrik sama sekali dan pada umumnya dipasang di daerah-daerah remote/ tidak terjangkau jaringan listrik. Tidak seperti tipe sistem panel surya On-Grid, SPS yang dipasang secara stand-alone/ tipe sistem panel surya Off-Grid harus memanfaatkan baterai atau pembangkit listrik cadangan. Sama seperti genset sebagai pengganti jaringan listrik PLN pada sistem tipe sistem panel surya On-Grid.

 

Bagaimana? Sudah mendapatkan tipe sistem panel surya yang anda inginkan? Di EnergiHub, kami memiliki kalkulator surya yang dapat membantumu menghitung perkiraan biaya pemasangan dan keuntungan yang dapat diperoleh. Selamat mencoba!

 

Sumber: Clean Energy Council : “Guide to Installing Solar PV for Households”


BAGIKAN

1 thought on “Tipe – Tipe Sistem Panel Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *