Menjadi “PLN” di rumah sendiri? : Welcome to Net Metering Era

BAGIKAN

Net metering adalah sebuah skema yang memungkinkan anda untuk menyuplai kelebihan lisrik yang anda produksi ke jaringan listrik PLN. Lalu, anda akan mendapatkan kompensasi berupa “kredit energi listrik”.

Sedikit membingungkan? Mari kita bahas lebih lanjut….

Apa itu Net Metering?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya (“mengapa harus energi surya”), terdapat 2 cara untuk memenuhi kebutuhan listrik anda. Pertama, dengan cara membeli listrik dari PLN atau secara independent, yaitu menghasilkan listrik sendiri misal dengan cara memasang Sistem Panel Surya (SPS).

Sistem Panel Surya yang telah didesain dan dipasang dengan kapasitas tertentu akan menghasilkan sejumlah energi listrik yang dapat memenuhi kebutuhan listrik anda. Namun, tentunya produksi energi listrik sangat bervariasi dari hari ke hari per tahunnya. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan musim dan cuaca yang berubah-ubah. Dengan adanya net metering, kelebihan produksi energi listrik dari SPS yang anda pasang akan dijadikan “kredit energi listrik”, dimana anda bisa menggunakan kredit energi listrik ini ketika anda membutuhkannya. 

Source : heliopower.com

Pada umumnya, SPS menghasilkan energi listrik maksimum ketika siang hari dimana pemilik rumah sedang tidak banyak memakai energi listrik. Sebaliknya, penggunaan listrik di rumah biasanya banyak dilakukan pada saat malam hari. Skema net metering membantu anda menyelesaikan masalah ketimpangan antar produksi dan penggunaan listrik dengan adanya SPS.

Bagaimana Cara Kerja Net Metering?

Salah satu hal yang perlu anda ketahui dari SPS adalah bahwa SPS bisa tersambung ke jaringan listrik PLN tanpa memerlukan baterai untuk penyimpanan energi. Sistem Panel Surya yang langsung terhubung ke jaringan listrik PLN disebut sistem On-Grid.

Dengan adanya net metering, kelebihan energi listrik akan dikirim ke jaringan PLN ketika SPS menghasilkan energi listrik lebih besar dari yang dibutuhkan. Artinya, anda dapat menyuplai energi listrik ke jaringan listrik yang kemudian digunakan oleh pelanggan listrik lainnya pada saat itu juga. Selamat! Anda baru saja menjadi “PLN” pelanggan listrik tersebut.

Tentunya energi listrik yang telah anda kirim tersebut tidak bisa digunakan lagi. Hal ini sesuai dengan hukum termodinamika 1 mengenai kekekalan energi dimana energi listrik yang dikirim ke jaringan akan segera digunakan oleh pelanggan lain. Namun, dengan net metering, energi listrik yang dikirim ini akan dicatat dan disimpan dalam bentuk “kredit energi listrik”. Ketika SPS tidak menghasilkan cukup energi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik anda, disinilah kredit energi listrik akan berfungsi . Maka, anda dapat menggunakan energi listrik dari jaringan seperti biasa. Hanya saja, perbedaannya adalah anda tidak harus membayar energi listrik. Anda cukup menggunakan kredit energi listrik yang merupakan kelebihan produksi energi listrik dari SPS anda.

Jadi, dengan net metering, anda tetap bisa menggunakan kelebihan energi listrik yang dihasilkan SPS ketika anda membutuhkan energi listrik. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa energi listrik tersebut bukanlah kelebihan energi listrik yang sama yang dihasilkan SPS sebelumnya. Namun, hanya dalam bentuk kredit energi listrik.

Yang lebih menarik lagi adalah ketika SPS terpasang menghasilkan “kredit energi listrik” yang jauh lebih besar dari total penggunaan energi listrik anda selama satu bulan. Itu artinya, anda cukup membayar abodemen saja kemudian sisa kredit energi listrik nya akan disimpan untuk bulan depan. 

Solar Knowledge

“Benarkah Net-Metering bisa “menghasilkan uang” bulanan?”
Fakta atau Fiksi?

FIKSI

Net metering adalah skema dimana anda hanya akan mendapatkan kredit energi listrik dari kelebihan energi listrik yang anda hasilkan. Akan tetapi, anda tidak akan mendapatkan uang cash setiap bulannya dari PLN untuk kelebihan produksi energi listrik tersebut. Tidak peduli seberapa banyak energi listrik yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebenarnya anda tidak “menjual” listrik ke PLN ketika mengirim kelebihan energi listrik ke jaringan. Anda hanya “menyimpan” kelebihan energi listrik untuk sementara waktu dalam bentuk kredit energi listrik, kemudian menggunakan kredit tersebut ketika anda membutuhkannya.

“Apa hubungan Net-Metering dan Off-Grid?”

Pada dasarnya net metering adalah skema Off-Grid dengan jaringan listrik PLN sebagai baterai/ penyimpan energi listrik raksasa. Walaupun anda bisa melakukan instalasi sistem Off-Grid di rumah anda dengan cara menambahkan sistem peyimpanan energi listrik/baterai sendiri, sering kali terhubung ke jaringan via net metering tetap menjadi pilihan terbaik. Sistem penyimpanan energi listrik/ baterai yang digunakan tentunya memiliki biaya tambahan (dibandingkan “menyimpan” energi listrik di jaringan PLN yang gratis). Selain itu, kapasitas yang dimiliki akan sangat terbatas (dibandingkan kapasitas jaringan listrik yang jauh lebih besar). 

Dengan Net Metering, Anda Bisa Menjadi “PLN” dan Menghemat Tagihan Listrik secara Bersamaan

Terima kasih kepada skema net metering, sekarang pengguna SPS bisa memanfaatkan jaringan listrik PLN untuk mengirim kelebihan energi listrik yang dihasilkan SPS yang mereka pasang menjadi “kredit energi listrik”. Hasilnya, mereka bisa merasakan penghematan pada tagihan listrik dan memegang kendali atas biaya pemenuhan salah satu kebutuhan primernya, yaitu energi listrik. Selain itu, para pengguna SPS juga bisa memiliki pengalaman apa rasanya menjadi “PLN”, dimana kelebihan produksi energi listrik dari SPS yang dipasang akan disuplai ke rumah-rumah tetangga mereka. Jadi secara tidak langsung, ketika anda memasang SPS, tetangga anda baru saja menjadi “pelanggan listrik” dari SPS yang anda pasang tersebut.

Tertarik ingin segera memasang SPS? Gunakan Kalkulator Solar untuk segera mengetahui estimasi potensi penghematan yang bisa anda lakukan ketika memasang SPS.

“Saya ingin melakukan skema net metering, apa yang harus saya lakukan?” 

Pastikan anda mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari PLN sebelum SPS yang akan anda pasang terhubung ke jaringan. Meteran listrik anda perlu diganti dengan meter exim (export-import) untuk melakukan skema net metering sebelum anda terhubung ke jaringan listrik. Hal ini perlu dilakukan sebelum atau setelah proses instalasi SPS tergantung pada ketersedian meter exim dan prosedur pergantian meter. Terdapat biaya tambahan yang berhubungan dengan pergantian meter tersebut. Biaya tambahan ini bisa dikenakan sebagai biaya pergantian meter ke PLN atau penyedia SPS anda telah mengakomodasi biaya tersebut dalam penawaran harga mereka. Pastikan anda tahu mengenai biaya ini serta bagaimana proses pembayarannya.

Dapatkan penawaran harga dari berbagai penyedia SPS lokal di Indonesia sesuai kebutuhan anda sekarang, hanya di EnergiHub.

 

External Source:

 https://www.energysage.com/solar/101/net-metering-for-home-solar-panels/
Clean Energy Council : “Guide to Installing Solar PV for Households”

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3088469/pln-alat-penghemat-listrik-tipuan-belaka


BAGIKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *