Tarif Listrik Naik? Siapa Takut!

BAGIKAN

Problematika Tarif Listrik

Grafik diatas menunjukkan sejarah rata-rata tarif listrik pelanggan rumah tangga di Indonesia dari tahun 2001 sampai tahun 2017 (kurva berwarna biru). Menariknya adalah, tidak ada yang bisa memprediksi dengan pasti mengapa tarif listrik tidak konsisten dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, tidak ada yang mengetahui dengan pasti kapan dan berapa besar kenaikan tarif listrik tersebut.

Namun, sepertinya terdapat satu tren yang terlihat: terjadi inflasi tarif listrik setiap tahunnya. Berangkat dari insight ini, dibuatlah 2 kurva lainnya (warna kuning dan merah) yang menunjukkan dinamika inflasi pada tarif listrik. Berdasarkan asumsi dan model tertentu, kita bisa melakukan “ramalan” atau proyeksi untuk tarif listrik di masa yang akan datang. Namun tentunya tidak ada jaminan sama sekali pada kenyataannya akan sesuai dengan asumsi yang digunakan, tapi setidaknya kita mendapat gambarannya.

Seperti yang dibahas sebelumnya (“mengapa harus energi surya”), satu hal penting yang harus diketahui oleh semua pelanggan listrik adalah mereka tidak mempunyai kendali sama sekali terhadap kenaikan tarif listrik. Apa yang bisa mereka lakukan? Kebanyakan orang masih mengabaikan masalah ini karena beranggapan tagihan listrik masih “terjangkau”, tapi hanya bisa protes ketika tarif listrik mendadak naik. Adakah cara yang lebih baik untuk menyikapi fenomena kenaikan tarif listrik ini?

Hemat Tagihan Listrik: Kesempatan dalam Kesempitan

Jawaban untuk pertanyaan diatas sederhana saja, hemat tagihan listrik anda. Perlu diperhatikan bahwa terdapat dua cara untuk melakukan penghematan tagihan listrik, yaitu kurangi penggunaan/ konsumsi energi listrik di rumah anda atau dengan cara menghasilkan/ produksi sendiri energi listrik yang anda butuhkan. Tidak ada cara lain, apalagi dengan menggunakan “alat penghemat listrik” yang jelas-jelas penipuan publik.

Jika dilakukan sedikit perbandingan terhadap dua cara diatas, menghasilkan energi listrik sendiri tampaknya lebih atraktif. Hal ini disebabkan karena mengurangi penggunaan energi listrik sama artinya dengan mengurangi kenyamanan di rumah anda. Sebagai contoh, ketika anda harus mematikan pendingin ruangan untuk tagihan listrik yang lebih murah meskipun suhu ruangan panas.

Memasang Sistem Panel Surya (SPS) merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan energi listrik sendiri. Terdapat beberapa tipe – tipe Sistem Panel Surya yang dapat anda pilih sebagai solusi penghematan tagihan listrik. Penghematan dengan melakukan pemasangan SPS bergantung pada beberapa faktor yang berbeda. Ketika anda memilih untuk memasang SPS On-Grid, besarnya tarif listrik akan menjadi salah satu faktor utama untuk diperhitungkan.

Dikarenakan penghematan anda pada dasarnya merupakan pengeluaran untuk tagihan listrik yang anda “hindari”, tentunya anda akan berhemat lebih banyak ketika tarif listrik terus naik.

“What people call risk, I call opportunity”
Nassim Nicholas Taleb
Bed of Procrustes

Mengurangi (atau mungkin sampai tidak membayar sama sekali) salah satu pengeluaran primer anda, dalam hal ini tagihan listrik tentunya merupakan satu hal yang sangat masuk akal. Tarif listrik yang tidak bisa diprediksi membuat proses budgeting menjadi semakin sulit, terlebih lagi untuk anda yang menginginkan cashflow yang stabil. Oleh karena itu, dengan memasang SPS, artinya anda baru saja menginvestasikan masa depan anda (untuk yang lebih baik) dengan sebuah aset yang akan memberikan energi listrik yang dibutuhkan dengan tarif yang tidak berubah. Ketika anda memasang SPS, artinya tagihan energi listrik akan lebih bisa diprediksi dimana hal ini tentunya akan sangat membantu dalam forecasting dan manajemen pengeluaran pribadi/ perusahaan.

 “Anti-Fragile” terhadap Naiknya Tarif Listrik

Dengan mengasumsikan energi listrik sebagai salah satu kebutuhan primer di zaman sekarang (atau mungkin justru harusnya menjadi hak setiap orang), terdapat satu hal yang pasti: Pengeluaran untuk energi listrik yang telah gunakan.

Sebelum memasang SPS, anda tentunya akan memiliki tagihan listrik tertentu, dimana tagihan listrik ini sangat tidak bisa diprediksi dan tidak bisa anda kendalikan. Dengan memasang SPS, anda akan menikmati tagihan listrik “baru”, yang jika dibandingkan dengan tagihan listrik “lama” anda, tagihan listrik yang baru setelah pemasangan SPS akan:

  • Lebih bisa diprediksi
  • Lebih kecil dibanding sebelum anda memasang SPS
  • Konsisten sampai SPS tidak bisa digunakan lagi, tanpa adanya fluktuasi dan kenaikan tarif
  • Bahkan sampai membuat anda tidak perlu membayar tagihan listrik sama sekali, hanya perlu membayar abodemen.

Mengurangi maupun tidak membayar sama sekali tagihan listrik, merupakan cara yang sangat jitu untuk berhemat banyak uang dalam jangka waktu yang panjang. Berinvestasi dengan memasang sistem panel surya akan melindungi anda dari kenaikan tarif listrik yang akan terus terjadi. Dengan SPS, anda bisa menghasilkan energi listrik sendiri yang tentunya akan membantu anda melihat kenaikan dan fluktuasi pada tarif listrik dengan “kacamata” yang berbeda. Ketika orang lain melihat kenaikan tarif listrik sebagai sebuah resiko, anda melihatnya sebagai sebuah peluang untuk melakukan penghematan.

Tarif Listrik Terus Naik, Harga SPS Terus Turun: Apa Artinya?

Tarif listrik mempunyai tendensi untuk terus naik setiap tahunnya. Jadi, jika anda belum memasang SPS, anda akan membayar lebih banyak dari sebelumnya untuk tagihan listrik. Untungnya, SPS melihat tren penurunan harga. Pelanggan listrik yang cerdas tentunya melihat fenomena kenaikan tarif listrik sebagai sebuah peluang emas untuk melakukan penghematan.

Bagaimana caranya?

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan peluang ini adalah dengan memasang SPS sekarang juga. Semakin mahal tarif listrik, semakin banyak penghematan yang dapat anda lakukan dengan memasang SPS. Jadi, apakah masih takut dengan naiknya tarif listrik?

Dapatkan penawaran dari berbagai perusahaan penyedia SPS lokal di Indonesia sesuai kebutuhan anda di EnergiHub sekarang.

External Source:

https://www.energysage.com/solar/why-go-solar/eliminate-electric-bills/

https://www.energysage.com/solar/why-go-solar/reduce-energy-costs/

https://blog.pickmysolar.com/socal-edison-to-increase-2018-electricity-rates


BAGIKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *